Advertise Here

"MANIEZ BLOG"

- Another Blogger Blog's

ABSTRAKS

UMU ATHIYAH, 20206996

ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL TEMPE PADA HOME INDUSTRI DAMAH

PI. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma 2009

Kata kunci : Penentuan Harga Jual

(x + 35 + lampiran)

Dalam menentukan harga jual harus mempunyai informsi tentang biaya penuh untuk menghitung konsekuensi laba dari setiap alternatif harga jual, walaupun biaya bukan satu satunya yang merupakan penentu harga jual.

Tujuan penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimana penentuan harga jual tempe pada Home Industri Damah dengan menggunakan metode cost plus pricing dan mengetahui perbandingan laba rugi dalam penentuan harga jual tempe pada Home Industri Damah dengan menggunakan metode cost plus pricing.

Dalam hasil penulisan ilmiah ini dapat diambil kesimpulan bahwa penentuan harga jual tempe pada Home Industri Damah Mei 2009 adalah Rp 1.500 per unit dan menggunakan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing adalah Rp 1.514 per unit. Terjadi perbedaan harga jual sebesar Rp 14, yang dapat mempengaruhi laba yang didapat. Perbedaan harga jual tersebut disebabkan home industri, tidak memasukan semua biaya overhead pabrik tetap seperti biaya penyusutan mesin penggiling, drum dan kajang. Sedangkan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing, biaya non produksi yang dimasukkan hanya biaya pemasaran sedangkan biaya pemeliharaan mesin dan telepon dialokasikan ke dalam biaya produksi (biaya overhead pabrik) serta menggunakan persentasi markup. Dalam penentuan harga jual tempe pada Home Industri Damah Mei 2009, laba yang didapat Home Industri Damah adalah Rp 1.036.858 dan menggunakan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing, laba yang didapat Home Industri Damah adalah Rp 1.044.024,67. Terjadi perbedaan laba sebesar Rp 7.166,67, yang dapat mempengaruhi besar kecilnya laba yang didapat. Perbedaan laba tersebut disebabkan home industri tidak memasukkan semua biaya overhead pabrik tetap seperti biaya penyusutan dalam menentukan harga jual sehingga biaya yang tidak dimasukkan itu dibebankan pada home industri. Sedangkan pada metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing dalam menentukan harga jual semua biaya yang keluar dibebankan pada pembeli.

Daftar Pustaka ( 2001-2008 )

0 komentar:

Posting Komentar